Kee(LI)ping Artikel,  Kee(LI)ping Kompetisi

Yummy App : Aplikasi Dengan Fitur Wow Untuk Yang Ingin Menjadi Koki Ahli

Dahulu untuk mendapatkan resep masakan, kita sampai harus mengeluarkan tenaga dan materi untuk mendapatkan satu resep kesukaan. Banyak sekali majalah dan buku resep dijajahkan oleh pedagang asongan, tetapi saat kita mencoba menerapkannya lantas rasa masakan yang kita buat justru mengecewakan.

Beberapa lama kemudian, beberapa stasiun TV membuka acara tentang masak-masakan yang dengan mudah kita lihat di layar TV kita dengan gratis. Lagi-lagi, ketika kita mencoba resep masakan di salah satu stasiun TV, salah satu bahan yang harus kita gunakan ternyata tidak ada di rumah.

Pada zaman dulu memang ribetnya bukan main!

Ibu saya mengalami semua hal itu. Ibu hanya bisa mendapatkan resep masakan yang dapat dengan mudah dia terapkan di dapur. Dibantu juga dengan omongan tetangga yang selalu memberi tips untuk mengelola beberapa daging yang kerasnya minta ampun.

Alhamdulillahnya, masakan ibu saya tidak pernah mengecewakan. Sampai akhirnya, ratu dapur itu harus meninggalkan kami untuk selamanya. Dan saat itulah, kami linglung untuk menaklukkan dapur di rumah.

Saya, Ayah, dan kakak saya melakukan beragam cara, sampai mengikuti beberapa les, membeli notes untuk mencatat resep dari acara TV, dan membeli beragam banyak majalah dan buku resep. Namun, akhirnya kami tetap memilih beli di luar ketimbang memasak dengan tangan sendiri. Sehingga keuangan kami pun harus ikutan morat-marit.

Semakin berlalunya waktu, kami dipertemukan dengan era digital. Sekitar tahun 2012, saya memiliki ponsel pintar. Dan beberapa tahun kemudian, sekitar tahun 2016, saya sudah tidak perlu lagi kesusahan untuk mengatur  keuangan untuk membeli buku resep karena berkat IDN media yang selalu ingin memuaskan penggunanya dengan berbagai inspirasinya, mereka membuat multi platform yang dikhususkan untuk resep masakan. Maka tercetuslah ide membuat platform Yummy.

Kilas Singkat Amatiran Di Dapur

Setelah saya berjuang di dapur dengan akhir mengecewakan, yaitu membeli makanan di luar setiap saat, saya pun kembali mencari usaha untuk membuat dapur di rumah ini kembali berfungsi.
Apalagi saat itu, saya telah bekerja dan diharuskan berangkat pagi. Semakin susah juga untuk mengatur waktu memasak dengan mudah dan dengan bahan terbatas. Karena saya hanya tinggal bersama Bapak dan Mbak, di mana Mbak dan saya juga harus bekerja, maka hanya Bapak yang sepertinya mempunyai waktu luang di dapur.

Saya dan Mbak memang sesekali memasak untuk Bapak, tetapi tidak setiap saat dan tidak dengan menu yang lengkap. Menu lengkap yang di maksud kami adalah ketersediaan nasi, lauk, sayur dan menu penutup yang manis di atas meja makan, seperti yang selalu Ibu saya kerjakan di dapur setiap pagi.
Beruntungnya, lidah keluarga saya adalah lidah pengecap segala rasa yang setidaknya bisa dikecap walaupun kadang-kadang rasanya kurang enak. Bagi Bapak, saya dan Mbak, setidaknya sebuah masakan jangan sampai hambar untuk disajikan ke mulut.
Dan perjuangan kami menaklukkan bumbu masakan pun berakhir manis. Semakin hari, kami semakin bisa menyajikan masakan sederhana tetapi enak di mulut dengan bantuan tangan saudara yang ahli dan tentu karena dunia digitalisasi di Indonesia yang semakin berkembang.

Proses saya nggak segampang membalikkan telapak tangan. Semuanya memang perlu proses. Berikut ini adalah cara bagaimana kami memproses amatir itu menjadi ahli dalam dunia dapur sebelum bertemu dengan dunia aplikasi yang sekarang tinggal diunduh.

1. Merencanakan Menu Kesukaan

Menu favorit sekeluarga harus selalu ada kaitannya dengan ayam. Yang menjadi makanan kesukaan saya adalah semur ayam yang diolah dengan kecap kemudian ditambah tahu. Kemudian tercetuslah ide untuk membuat semur ayam ala buku resep yang saya dapat dari majalah.

2. Siap Sedia Buku Panduan

Setelah menemukan masakan kesukaan, saya menyiapkan buku panduan atau majalah resep yang lebarnya bisa menguasai semua ruangan di dapur. Jadi kalau saya kesulitan menaruh tempat resep ini, mau tidak mau, saya harus menghapalkan semua bahan dan cara membuatmya di luar kepala. Sekalian belajar memorize.

3. Menguji Resep

Setelah menyiapkan semua bahan dan mengingat cara memasaknya, saya mulai memasak dengan sesuai petunjuk di buku resep. Memasak semur ayam sederhana–sesuai dengan judul resep di majalah yang sangat lebar–benar-benar mengambil semua tenaga saya di Minggu pagi itu. Sekitar satu jam lamanya saya memasak dengan menambah sedikit kretivitas saya menggunakan tomat sebagai mempercantik masakan saya.
Alhamdulillah resep ini lumayan tidak gagal walaupun rasanya tidak seenak seperti saya mencoba masakan ibu dan dengan membuat saya harus berulang kali membeberkan majalah di lantai dan mengeceknya berulang kali. Sangat ribet!

4. Memasak Dengan Perasaan

Saya yakin memasak dengan perasaan itu memang memjadi salah satu bahan yang wajib digunakan. Karena bagi saya, rasa itu akan ada di masakan bila dia memberikan perasaan walaupun seorang amatiran pun yang tengah memasak.

Dari empat hal itu, saya masih kesusahan saat memasak. Karena menyiapkan buku panduan sama saja dengan menguras tenaga juga. Apalagi buku terbuat dari kertas yang bisa saja basah karena tidak sengaja terkena cipratan air atau bumbu masakan. Dan tahun 2019, saya bersyukur IDN media mengeluarkan aplikasi resep masakan yang gampang sekali saya bawah kemanapun.

Mengenal Lebih Dekat Aplikasi Yummy

Begitu Indonesia mengenal dunia digital, segala hal yang sukar di saat dulu mendadak berubah begitu praktis. Indonesia dengan mudah menjelma sebagai pasar digital. Dimana banyak perusahaan begitu masif membangun aplikasi untuk memudahkan masyarakat. Berkembangnya teknologi juga membuat saya segera menemukan beragam aplikasi gratis yang memberi kemudahan di kehidupan keseharian saya. Seperti halnya, dalam kemudahan mencari resep masakan.

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, saya tidak lagi kesusahan seperti saat awal Ibu harus berjuang untuk mencari beberapa resep kesukaan kami. Karena di saat itulah IDN media kembali meluncurkan aplikasi Yummy untuk memudahkan kita mengakses resep makanan dan minuman terlengkap tanpa harus kebingungan dengan persediaan di dalam rumah.

Yummy App adalah aplikasi pintar untuk resep masakan yang terbaru dan terlengkap sehingga dapat mudah diakses secara online. Seperti dengan  #MemasakItuGampang, visi dari aplikasi ini pun jelas untuk memudahkan penggunanya bisa menjadi raja atau ratu dapur di rumah mereka masing-masing.

Yummy App bisa diunduh di Play Store dan juga Apple Store. Hal ini yang menjadi ciri khas bahwa aplikasi ini memang dipersiapkan untuk dunia digitalisasi saat ini. Apalagi aplikasi ini menyediakan banyak sekali keuntungan untuk kita yang ingin memasak di jam-jam malam.

Setelah selesai unduh-mengunduh dengan aplikasi Yummy, yuk siapkan email. Karena syarat registrasi adalah yanya menyiapkan email kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Dari registrasi itu, saya bisa mendapatkan kode referral yang dapat menguntungkan saya dan beberapa orang yang saya berikan kode referral saya ini.

Kalian bisa menggunakan kode referral saya ini.

Kode referral aplikasi yummy

Kode referral

Sebenarnya aplikasi Yummy sudah bisa digunakan walaupun tanpa regitrasi. Namun, saya menyarankan lebih baik registrasi karena manfaatnya jauh dari hanya sekedar bisa memasak itu gampang. Bukan hanya memiliki kode referral saja, tetapi banyak sekali. Saya akan jabarkan bagaimana aplikasi ini bisa dikatakan aplikasi resep yang membawa keuntungan kepada saya dan untuk kalian juga.

Beragam Fitur dan Kelebihan Yang WOW di aplikasi Yummy

Melihat kilas balik yang saya lakukan dahulu, seakan membuat saya menggeleng-gelengkan kepala karena merasa malu mengenai kebodohan saya menganggap memasak itu susah, sedangkan saya merasa memasak itu gampang jika kita tahu cara yang tepat. Ya. Saya menemukan pendapat itu ketika platform Yummy semakin merambah ke dunia aplikasi. Saya bukan bermaksud bependapat berlebihan, tetapi aplikasi ini memang suka melebihkan
fiturnya sampai pengguna bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Dari menyelesaikan registrasi di aplikasi Yummy, kita sudah bisa mendapatkan banyak kelebihan seperti di bawah ini :

Aplikasi Yang Simpel dan Resep Yang Up To Date.

Berbeda dengan zaman sebelum bertemu dengan dunia digitalisasi, saya menggunakan majalah atau buku resep untuk menjadi panduan saya memasak dengan benar. Seperti yang sebelumnya saya bahas bagaimana sulitnya saya berperang dengan bumbu dapur. Namun tidak seperti saat ini, ketika internet telah masuk seakan-akan segala hal yang dulu susah, ternyata tidak seperti itu.

Yummy aplikasi berhasil memberikan kemudahan menggunakan tampilan simpel dengan resepnya selalu diperbarui setiap saat. Deretan resepnya pun menarik minat karena tampilan hanya dengan menggeser sampai kita bisa menemukan menu yang cocok. Belum lagi terdapat video yang mempermudah koki amatir semakin ahli dalam dunia dapur. Kemudahan dan kesederhanaan aplikasi ini sangat sesuai dengan tagar yang selalu menjadi pendamping aplikasi ini, yaitu MasakItuGampang.

Dulu saya merasa kesulitan menyajikan bahan, saat aplikasi ini muncul justru memberikan saya manfaat di setiap kehidupan sehari saya. Saya bisa dengan mudah membawa aplikasi resep ini tanpa harus mengambil seluruh tempat dapur saya.

Resep Masak Yang Sesuai Dengan Bahan di Ruang Dapur Kita

Bukan hanya simpel dalam penggunaannya, aplikasi ini menawarkan fitur masak yang dapat kita sesuaikan. Bila kita ingin memasak ayam, kita bisa mencari menu dasarnya, dan salam sekali tekan, akan muncul banuak resep masakan di aplikasi ini. 

Berkarya Tulis Resep Sendiri

Kita tahu bahwa untuk membagikan resep pribadi agar diketahui semua orang adalah salah satu keinginan koki. Dan aplikasi ini menghadirkan fitur tulis resep dengan bantuan revisi dari pihak Yummy Aplikasi. Begitu mendapatkan inspirasi memasak, kita bisa mencatatnya di dalam aplikasi resep ini. Sebuah keuntungan yang besar-besaran untuk mengasah kemampuan bidang masak-memasak.

Bahan Yang Sesuai Dengan Isi Kantong

Selain menyediakan fitur memasak, fitur tulis resep, aplikasi ini masih ingin memberikan kelebihan-kelebihannya untuk penggunanya. Kemudahan dengan mengontrol uang belanja tersedia di aplikasi ini. Fitur ini memberikan filter harga masakan yang dikira sesuai dengan keinginan pengguna.
Bila kebutuhan saat itu hanya sekitar di bawah sepuluh ribu, kita bisa mengaktifkan fitur harga ini. Bukan berarti dengan harga yang murah, resep masakan di sini tidak teruji  enak. Tidak seperti itu. Karena penguji dari pihak Yummy selalu memastikan apakah resep ini memang tidak asal dicatat atau asal ditiru oleh pemilik resep masakan

Porsi dan Waktu Yang Dapat Disesuaikan

Aplikasi resep masakan Yummy tidak hanya berhenti hanya memberikan satu atau dua fitur yang menyenangkan pengguna. Namun, aplikasi ini terus memberikan kelebihan dengan fitur menemtukan porsi dan waktu saat memasak. Fitur ini tersapat di kotak pencarian.
Caranya ketik bahan dasar atau resep masakan yang diinginkan lalu di bagian bawah akan muncul filter yang akan memberikan informasi mengenai filter harga, porsi dan waktu memasak. Bagaimana? Mudah, bukan?

Resep Yang dapat Dibagi dan Dibuat Selamanya

Pengguna aplikasi Yumny tidak akan kebingungan dengan dana yang harus dikuras untuk membayar satu resep. Karena aplikasi Yummy merupakan aplikasi resep masakan yang digratiskan sehingga pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan uang hanya dengan satu resep. Lantas ketika kita tengah melihat-lihat beberapa resep dan tertarik, kita bisa menyimpannya dengan menekan tanda favorit untuk menyimpan resep itu di beranda profil kita.

Lantas bagaimana pemilik resep dapat keuntungan?

Tidak perlu takut mereka akan tidak diuntungkan. Karena aplikasi ini memberikan bintang atau fitur share it ke seluruh media sosial. Sehingga,  ketika kita membagikan satu resep ke seluruh media sosial, itu juga membantu pemilik resep semakin dikenal oleh khayalak ramai.

Merasakan Social Media Vibes

Saya suka sekali dengan fitur tagar dan trending. Apalagi pengaplikasian fitur trensing serupa dengan vibes status di beberapa sosial media lainnya. Sehingga, saat menggunakannya saya semakin terbiasa dan tidak kebingungan.

Bonus !!!  Menjadi Chef Ahli dengan Fitur Event dan Promosi

Sudah mendapatkan resep masakan, sudah bisa bergabung dengan komunitas, sudah bisa berkreasi dengan menulis resep sendiri, dan sekarang adalah saat untuk mendapatkan pengakuan sebagai chef ahli.

Bagaimana caranya?

Setiap membuka aplikasi Yummy, saya selalu melihat menu event dan promosi. Bukan hanya setahun sekali mereka menyelenggarakannya, tetapi bisa dibilang setiap bulan mereka selalu memberikan kesempatan untuk pengguna menampilkan resepnya dan memenangkan penghargaan dengan membawa sejumlah uang.

Bagi saya, Yummy App adalah Inspirasi Resep Terbaik

Mendalami masak-memasak sudah segampang membalikkan telapak tangan bila kita melihat perkembangan zaman saat ini. Yang mana, banyak sekali dunia digital mengambil alih kepraktisan. Dan itu bisa kita lihat bagaimana IDN media mengembang platform Yummy menjadi sebuah aplikasi di tahun 2019. Keinginan mereka adalah memastikan bahwa memasak itu gampang, seperti membalikkan telapak tangan.

Dengan menggunakan aplikasi resep masakan di Yummy membuat saya percaya memasak sudah tidak sesusah seperti dulu. Dari aplikasi Yummy, kita tahu bahwa memasak itu bisa diatur waktu, budget belanja bahan, dan porsi makanannya. Dari aplikasi ini, saya memiliki wadah berkreasi resep masakan yang saya buat sendiri. Dari aplikasi ini juga, saya akhirnya bisa memasak ayam kecap dengan tambahan telur seperti rasa yang Ibu saya buat.

Nah, karena saya merasa berhasil membuat masakan ayam kecap yang serupa dengan masakan Ibu saya, saya ingin berbagi resep masakan di video yummy.

Jangan Kelamaan Menunggu!!!

Jadi tunggu apa lagi? Kalian masih ingin menimbang-nimbang? Padahal aplikasi resep masakan ini sangat menguntungkan banyak orang dengan banyak fiturnya. Sebelum terlambat, lebih baik unduh dahulu. Dan silakan merasakan kepuasan dari Chef amatiran menjadi Chef Ahli di aplikasi Yummy.

Aplikasi Yummy juga dapat diikuti di tiga media sosial berikut ini :


Sumber Tulisan :

https://www.yummy.co.id/

Media Gambar dan Desain Oleh Ares Reva

Media Gambar dan Video : Freepik dan Canva

Media Desain : Kinemaster, Canva, dan Adobe Photoshop