Ke(E)ping Buku

[Ke(E)ping Buku] Novel The Dry Oleh Jane Harper

Judul : The Dry

Penulis: Jane Harper

Penerjemah : Dharmawati

Genre : Action, Thriller

Penerbit : Gramedia

Jumlah Halaman : 440 lembar

Rating Goodreads : 4.02

Rating Pribadi : 4.0

Sinopsis Novel The Dry

SIAPA YANG SEBENARNYA MENGHABISI KELUARGA HADLER?

Semua orang yakin Luke Hadler telah mengacungkan senjata ke arah istri dan anaknya, lalu membaliknya dan menembak diri sendiri. Penduduk Kiewarra berhadapan dengan persoalan hidup dan mati pada musim kekeringan ini, tapi peristiwa itu tetap saja mengguncang seluruh kota. Penyelidik Federal Aaron Falk kembali ke Kiewarra untuk menghadiri pemakaman walau harus berhadapan dengan masyarakat yang telah menolaknya dua puluh tahun silam. Mau tak mau Falk terseret dalam penyelidikan kasus tersebut dan, ketika kecurigaan makin menggunung, dia pun mulai meragukan tuduhan terhadap Luke, sahabat masa kecilnya. Semakin jauh Falk menyelidik, semakin banyak luka lama yang tersingkap. Bagaimanapun, Luke dan Falk pernah menyimpan rahasiaโ€ฆ rahasia yang terkubur dalam-dalam tapi terancam akan terbongkar dengan kematian Luke.

Ulasan Novel The Dry

Oke. Awalnya, saya ngejudge covernya. Oh bukan, bukan. saya bukan ngejudge covernya menarik, tapi sebaliknya. Sama sekali nggak membuat sesuatu dalam hati saya tergugah untuk membelinya. Lalu apa yang membuat saya tertarik memiliki buku fisik ini?

Nggak lain karena komentar dari goodreads dan cap bentuk bulat besar yang bertuliskan international best seller. Akhirnya saya tertarik untuk membelinya.

Ternyata oh ternyata, cerita aslinya dengan sinopsis di belakang buku berbeda dari apa yang saya baca. Bukan nggak bagus, justru bagus banget.

Pertama kali membaca buku ini saya sudah masuk ke bagian Falk yang dateng ke pemakaman sahabatnya, Luke. Di pemakaman, konfliknya sudah terlihat jelas. Jika mereka tengah terlibat masalah. Luke dan Falk pernah menjadi sahabat, tetapi tidak seperti dulu. Luke dan keluarganya meninggal dalam insiden bunuh diri. Iya. Luke dicurigai menembak anak dan istrinya lantas bunuh diri. Desas desus itu menyebar hingga membuat Falk harus kembali ke masa lalu. Tentu, datang ke pamakamannya saja, sudah membuat dia merasa berat karena teringat masa-masa kelamnya di Kiewarra.

Maka, mendadak oramg tua Luke meminta Falk untuk menyelidiki. Tentu, Falk tidak mengiyakan secara langsung karena itu bukan ranah pekerjaannya. Namun, semakin hari dia menginap di tempat lamanya, semakin lama juga dia mengajukan cuti kerja. Dia membantu sersan Greg Raco untuk menyingkap rahasia apa yang terjadi pada keluarga Luke.

Novel ini hanya fokus kepada dua kata tanya, siapa dan apakah. Siapa yang ada dibalik pembunuh satu keluarga ini? Apakah Luke benar-benar membunuh istri dan anaknya lalu meninggal anak bayinya karena masih memiliki perasaan?

Judul The Dry berkaitan dengan latar musim yang tengah dialami oleh beberapa tokoh. Namun, sebagian mengenai peristiwa pengungkapan pembunuhan keluarga Luke. Novel ini juga membuat saya ikutan terbawa arus. Saking terbawa arusnya, saya sudah seyakin itu menebak siapa yang membunuh. Dan ternyata bukan dia.

Jadi, kita bertemu dengan beberapa tokoh yang memiliki keeratan dengan si Luke dan Falk di masa lalu. Keluarga Grant Dow yang menuntut balas dendam, keluarga Jammie Sulivan, Whitlam, dan Karen.

Dari tokoh-tokoh tersebut, Falk kembali menyelam ke masa lalu, ke kehidupan empat sahabat yaitu dia, Karen, Luke dan Ellie. Novel ini membahas alur maju-mundur. Jangan sampai kamu terlewat dengan kisi-kisi siapa pembunuh itu. Walaupun sebenarnya, kisah masa lalu Falk tidak ada sangkut-pautnya dengan apa yang terjadi dengan keluarga Luke hingga tewas mengenaskan.

Di antara tokoh itu lah yang menjadi pembunuhnya. Iya, memang, bukan Luke yang membunuh keluarganya. Saya juga sudah menebak bahwa tidak mungkin seorang ayah membunuh anaknya apalagi tahu bahwa Luke bukan seperti itu.

Kisah masa lalu Luke dengan Falk hanya memyingkap pemikiran Falk yang merasa bersalah dengan ditemukannya mayat Ellie, anak dari keluarga Dow. Mereka mengira bahwa kematian itu berhubungan dengan Falk karena nama Falk pernah ditemukan di kamar Ellie.

Buku ini bagus banget. Kisah penyingkapan pembunuhan membuat saya semakin penasaran apa yang terjadi pada keluarga Luke. Penjabaran ceritanya juga nggak ada plot hole yang membuat saya berpikir kok bisa. Saking bagusnya, saya nggak sadar sudah menghabiskan waktu membaca.

Sebelum aku menjelaskan apa yang terjadi dengan keluarga Luke, dua kalimat ini bisa menjadi kutipan untuk kehidupan sehari-hari dan bisa menjawab dalang dari pembunuhan Luke.

Novel ini ternyata novel berseri loh. Saya jadi penasaran apakah novel lanjutannya akan lebih menarik dari kisah Falk dan Luke ini.

“Kau perlu membuka matamu, secepatnya. Kau terlalu lama menatap masa lalu hingga hal itu membuatmu buta.”

“Tidak, tapi itu efek uang.” Jata falk, “uang bisa betul betul memuakkan.”
“Kepicikan merupakan rute yang berbahaya.”

Selamat Membaca buku The Dry.