163 views
Kee(LI)ping My DIY

Tips Menyenangkan Diri Dengan Lilin Aromaterapi Buatan Sendiri {Kee(LI)ping My DIY}

Menyenangkan diri? Kenapa Tidak Dengan Lilin Aromaterapi?

Tagar di rumah aja membuat beberapa orang berkeinginan untuk ikut meramaikan media sosial mereka. Dari tips sampai ke ulasan pun berkaitan dengan apa kelebihan kita tetap tinggal di rumah semenjak pandemi ini berlangsung di Indonesia. 

Beberapa tips pun sudah banyak ditelan oleh beberapa orang, termasuk mengkreasikan sesuatu dengan tajuk kreasi DIY(Do It Yourself). Kreasi DIY sendiri adalah membuat atau memodifikasi berbagai benda yang dilakukan sendiri. Untuk bahan dan caranya memilik perbedaan tergantung kreasi apa yang bakal dibuat. 

Bagi saya, Kreasi DIY ini berguna sekali untuk kalian yang ingin diam di rumah tetapi ingin tetap produktif. Kita tahu pandemi ini banyak sekali tantangan yang harus kita lalui. Dari terbatasnya waktu sampai semakin terpuruknya krisis identitas juga merupakan tantangan besar bagi kita semua. Saya merasakan juga bagaimana proses tinggal di rumah tanpa melihat dunia luar. 

Manfaat Membuat Aromaterapi Untuk Diri Kita Sendiri

Saya percaya bahwa semua hal yang dilakukan dengan menyenangkan diri sendiri itu lebih bermakna dari apa pun yang kita beli. Saat membuat lilin aromaterapi ini, saya merasakan beragam manfaat yang tidak hanya berguna untuk saya tetapi untuk segala bidang di kehidupan saya. Berikut ini manfaat dari membuat DIY lilin aromaterapi:

  • Lebih I Love Me daripada I love You

Aromaterapi selalu berkaitan dengan terapi relaksasi diri sendiri, bukan? Melalui aromaterapi, tubuh kita bisa mendapatkan ketenangan tanpa batas. Saking tidak terbatasnya, aromaterapi ini bisa juga dimanfaatkan sebagai penghalang rasa sakit. Mengapa? Karena aromaterapi adalah perawatan penyembuhan holistik berbahan dasarkan ekstrak tanaman alami loh.

  • Ada Makna Dari Buatan Sendiri

Hmmm, manfaat di atas memang tidak terbatas, dikarenakan kamu juga bisa meracik aroma tanpa batasan hidung kamu sukai. Dari membuat aromaterapi sendiri, kamu juga memiliki wangi khasmu sendiri. Nggak hanya itu, kamu menciptakan wewangian baru yang mungkin bisa menjadi favorit banyak orang.

Siapa sih yang nggak suka wewangian? Wewangian dari yang segar sampai manis memiliki penikmatnya sendiri. Nah, dari membuat aromaterapi kamu sendiri, kamu bisa berinovasi baru loh untuk menciptakan wewangian 4.0 yang sesuai standarisasi orang modern.

  • Yang Berguna Juga Untuk Ekonomi Kita

Setelah menghasilkan inovasi baru, kenapa tidak saja diperjualkan? Membangun sebuah bisnis kecil yang menyenangkan diri sendiri dan orang lain adalah manfaat dari membuat Do It Yourself kamu sendiri loh. Alasan terbaiknya, karena kamu ingin merelaksasikan diri, manfaat bermutunya, kamu bisa menjual lilin wangi khasmu untuk bisa dinikmati oleh banyak orang.

Inovasi kalau tidak diperkenalkan buat apa? Dengan membangun inovasi wewangian barumu, kamu bisa membuat bisnis kecil yang kemungkinan memiliki kesempatan juga menjadi bisnis besarmu.

Baiklah, setelah melihat 3 manfaat pokok dari membuat lilin aromaterapi, saya nggak akan membuat kamu menunggu lebih lama proses membuat lilin aromaterapi ini. Mari simak cara membuat lilin armaterapiku di bawah ini, ya ???

Baca Juga : NOVEL PANGERAN DARI TIMUR OLEH IKSAKA BANU DAN KURNIA EFFENDI YANG MEMBALUT BIOGRAFI DENGAN FIKSI [KE(E)PING BUKU]

Cara Membuat Lilin Aromaterapi

Setelah kalian memahami manfaat dari lilin aromaerapi, saatnya kalian menggunakan ide ini untuk berbagi kebahagiaan ke orang yang kalian sayang juga. Berikuti ini langkah-langkah yang harus dipersiapkan, seperti di bawah ini:

Menyenangkan Diri Sendiri

Bahan Membuat Lilin Aromaterapi 

1. Parafin/Lilin putih/soywax
2. Essential Oil
3. Crayon (sebagai pewarna)

Alat membuat Lilin Aromaterapi Bentuk Minuman Kopi

1. Satu panci besar dan satu panci kecil
2. Sumbu lilin
3. Gelas tahan panas
4. Cetakan

Langkah-Langkah Membuat Lilin Aromaterapi Untuk Menyenangkan Diri Sendiri

1. Masukkan air di panci agak besar. Siapkan bahan lilin dengan crayon sebagai warna di pancil kecil. Setelah itu taruh panci berisi bahan tersebut ke dalam panci besar. Lalu tunggu hingga mengencer.
2.  Setelah itu kamu bisa mencampurkan essential oil dengan aroma-aroma yang kamu sukai ya. Tapi berikan jeda 1 menit setelah kamu mengangkat adonan dari panci besar, ya …
3.Setelah itu, taruh cairan lilin ke wadah cetak yang kalian sudah persiapkan atau ke gelas kaca tahan panas. Saya menggunakan gelas kecil dan cangkang telur.
4. Saya membiarkan hingga lilin agak keras lalu bagian atas yang masih lunak, saya berikan sedikit bunga-bunga kering sebagai penghias.
5. Dan jadilah lilin aromaterapi yang seperti ini

Tenang saja, saya akan memberikan video cara pembuatan lilin aromaterapi untuk lebih gampangnya. 

Dari video dan infografik di atas, kalian sudah bisa memperagakan semua ini di rumah.