94 views
Kee(LI)ping Artikel,  Kee(LI)ping Kompetisi

Mencari Berkah Dari Membayar Zakat Fitrah Orang Tua Melalui Sinergi Foundation

Mencari berkah di lebaran tahun ini belum ada bedanya dengan tahun lalu. Anak yang seharusnya berkunjung ke rumah orang tua, terpaksa mengurungkan niat karena kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang mudik. Keinginan untuk memberikan sebungkus makanan sebagai oleh-oleh dari kota terpaksa dibatalkan. Mendekati lebaran, si Anak teringat sesuatu untuk memilih menggantikan sekaleng jajanan dari kota menjadi beberapa kilogram beras bukan untuk orang tuanya, tetapi untuk kewajiban membayar zakat fitrah. 

Kadang ada keraguan apakah tidak masalah membayarkan zakat fitrah orang tua kita? Banyak ahli agama mengatakan tidak ada masalah, justru hal itu sangat mulia. Tentu saja dengan syarat apabila anak memiliki rejeki yang cukup dengan kendala bahwa orang tua rentan dan tidak memiliki harta cukup untuk berzakat. 

Peran zakat fitrah, Anak, dan Orang Tua

Beberapa orang mengenal istilah dana sosial untuk kaum yang tidak mampu. Dalam islam, kita mengenal berzakat dan bersedekah untuk kaum dhuafa. Dua istilah itu sama saja. Sama-sama bertujuan baik dan memulaikan manusia. Zakat adalah salah satu ibadah dalam islam yang menghubungkan manusia dengan Allah SWT dan kedua manusia dengan manusia lainnya (hablu minannas).

Ilustrasi Peran Anak Membayar Zakat Orang Tua di Masa Pandemi

Sebagaimana hal ini tercantum dalam Q.S at-Taubah ayat 103:

Mencari berkah di bulan ramadan adalah dengan melakukan kewajiban untuk bayar zakat fitrah. Menurut Ahli Zahir dan Ibnu Lubban bahwa hukum zakat fitrah adalah sunnah muakkad. Untuk pemberian dan pembayaran zakat pun sudah diatur sesuai kaidah agama islam. Satu orang berhak menyisihkan hartanya untuk menebus beras seberat 2,5kg. Namun, kadang-kadang, pembayaran menggunakan uang lebih mudah dan cepat, maka patokannya berubah menjadi 3,8 Kg. 

Begitu juga anak ingin membayarkan zakat fitrah orang tuanya, hal itu termasuk dalam peran anak yang telah tertulis dalam Q.S Al Baqarah 215

Mencari Berkah

Ikatan antara anak dan orang tua memang tidak bisa dipisahkan. Oleh karena itu timbulnya hak dan kewajiban anak dan orang tua yang harus dipenuhi oleh keduanya adalah hal yang sudah biasa. Seperti halnya orang tua menyekolahkan saya, saya membalas budinya dengan lulus tepat waktu. dan kewajiban itu lebih ke arah apa yang diinginkan saya dan orang tua saya, yang membawa dampak senang di hati mereka atau hati saya. Sama halnya dengan membayarkan zakat fitrah milik orang tua.

Baca Juga : Perjalanan Buku-Buku Yang Menjadikan Saya Penikmat Semua Genre Buku

Mengenal Seluk Beluk Sinergi Foundation

Pemanfaatan zakat harta ini sangat tergantung pada pengelolaannya. Apabila pengelolaannya baik, manfaatnya akan dirasakan pula oleh masyarakat. Membuat aturan pengelolaan zakat memerlukan perorganisasian zakat agar pelaksanaan zakat dapat dikoordinasi dan diarahkan secara benar. Berdirinya lembaga pengelolaan zakat yang saat ini kita kenal sebagai Lembaga Amal Zakat(LAZ) merupakan sebuah harapan untuk menyambung kesejahteraan masyarakat dari masalah kemiskinan. 

Keraguan terhadap problematika tersebut akhirnya bisa menguap keluar dari pikiran kita semenjak menemukan lembaga amal zakat yang dipercayai banyak masyarakat. Pada tahun 2002, Prof. Dr. KH. Miftah Faridl mendirikan  embrio Yayasan Semai Sinergi Umat. Dalam kiprahnya di tengah masyarakat, embrio Yayasan Semai Sinergi Umat telah memunculkan beragam aktivitas program pemberdayaan yang inspiratif di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan santunan (Charity). Tepatnya, pada  tanggal 17 Februari 2011 ketika lembaga ingin memperluas yayasan untuk menjadi lebih baik, mereka mengganti nama menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat atau Sinergi Foundation.

Membayar zakat online di sinergi hanya dengan membuka laman sinergi foundation melalui perangkat elektronikmu, membayar zakat fitrah sudah bisa dilakukan. Sebenarnya untuk membayar zakat, pengguna tidak perlu registrasi di laman sinergi. Cukup tulis nama donatur, nomer whatsapp, email dan pilih pembayaran. Namun, saya merekomendasikan agar proses registrasi dapat dilakukan. Hal ini bertujuan agar donatur dapat mencari berkah dari laman sinergi foundation ini. 

Mencari berkah

Registrasi di sinergi foundation sangat mudah. Hanya dengan memberikan nama depan dan belakang, email aktifmu, nomer HP, dan isi username favoritmu. Setelah itu kamu akan mendapatkan password kamu yang nanti bisa kamu ubah setelah login. Akhirnya, satu akunmu sudah bisa menebarkan kebaikan melalui sinergi foundation.

Untuk melakukan zakat fitrah juga mudah sekali. Setelah masuk ke akunmu, langsung pilih menu zakat fitrah. Setelah saya masuk ke menu zakat fitrah, saya tinggal pilih berapa kisaran besar zakat yang akan diberikan ke penerima zakat, kemudian isi nama donatur dan pilih pembayaran yang kamu inginkan. Satu akun pun telah memiliki riwayat kebaikan untuk ke semua kalangan umat muslim.

Beragam Kelebihan Dari Berzakat Fitrah di Sinergi

Sinergi Foundation adalah suatu lembaga yang menopang kegiatan pendayagunaan zakat infak, dan sedekah. Dengan terus-menerus menjalankan amanah donatur, platform sinergi dibuat dengan beragam kelebihan sehingga bisa diakses oleh banyak golongan umat muslim. Alasan untuk berbagi kebaikan di bulan ramadan ini, termasuk dengan membayar zakat fitrah melalui sinergi fundation adalah sebagai berikut :

Aplikasi Simpel dan Newsfeed Donatur Selalu Update

mencari berkah

Sinergi foundation merupakan platform penyalur zakat dengan tampilan simpel dan mudah digunakan. Kesederhanaan tampilannya tidak mengurangi nilai lembaga untuk mempublikasikan jumlah donatur, mitra dan penerima manfaatnya.

Saya tidak perlu mencari terlalu lama di mana letak penyaluran donasi. Begitu layar beranda ditampilkan, di sanalah saya langsung menemukan donasi yang saya inginkan. Begitu juga newsfeed mengenai donatur, mitra sinergi, dan penerima zakatnya juga selalu disebarkan update untuk menunjukkan sikap amanah Sinergi sendiri.

Berbagi Pilihan Donasi Sesuai Keinginan Donatur

mencari berkah

Sinergi tidak hanya menyediakan layanan zakat saja, tetapi beragam pilihan kebaikan diperuntukkan kepada donatur atau mitra sinergi. Hal menarik inilah yang menjadi keunggulan berbagi kebaikan dengan sinergi. Kita juga bisa membayar zakat fitrah dengan bersedekah di satu waktu secara bersamaan. Semua itu juga bisa diakses dalam satu menu yang letaknya ada di bagian menu program. Di menu itu banyak sekali layanan dari sinegi untuk membuat kita berbagi kebaikan di bulan ramadan ini. 

Bisa Tanya Jawab Dengan Fitur Konsultasi Gratis

mencari berkah

Bersikap ragu dalam membayar zakat di suatu lembaga amal zakat adalah hal yang lumrah. Ketakutan akan amanah  yang tidak dijalankan, uang kita justru dibuat hal yang tidak baik, atau ternyata lembaga ini belum memiliki sertifikasi. Oleh karena itu, Sinergi mengembangkan fitur konsultasi gratis. Kita bisa bertanya-jawab mengenai zakat, infaq, dan pengelolaannya di nomor whatsapp yang telah tersedia. 

Fitur Kalkulator Untuk Memilah Antara Penghasilan dan Zakat

mencari berkah

Ada hal menarik lainnya yang ditemukan di platform sinergi ini. Selain dari banyaknya program berbagi dari Sinergi, kita juga bisa menghitung zakat yang tepat sesuai dengan budget penghasilan kita. Apalagi orang yang seperti saya ketika dihadapkan kisaran besar zakat yang harus saya berikan, saya akan lebih memilih menggunakan cara simpel yang nggak menyulitkan saya dalam bersedekah. 

Sistem Pembayaran Donasi Yang Selalu Masa Kini 

Bisa membayar zakat fitrah dimanapun adalah hal yang menyenangkan bagi umat muslim yang ingin menebarkan kebaikan. Melalui donasi di Sinergi, kita bisa membayar donasi dengan sistem e-wallet berupa dana, OVO, gopay, shopeepay, dan linkaja. Tentu saja, sistem pembayaran donasi di Sinergi juga menyediakan bank transfer. Jadi nggak ada lagi alasan bahwa ada potongan admin untuk mencari berkah di bulan suci ramadan. 

Nah, mudah banget kan untuk mencari berkah di bulan ramadan ini sebagai anak yang menghormati orang tua. Dengan menggunakan layanan amal zakat di Sinergi, membayar zakat nggak perlu lagi harus bersusah payah lagi. Nggak perlu harus pergi ke masjid kemudian berkerumun dengan banyak orang apalagi di musim pandemi ini. Untuk hukum anak membayar zakat orang tuanya, toh sudah ada fatwah bahwa membayar zakat fitrah orang tua tidak menyebabkan masalah lain, selagi yang dibantu itu benar-benar belum mampu secara materil. Anak sudah mendapatkan pahala dari membayar zakat fitrah, ditambah mendapatkan pahal sebagai anak berbakti.


Referensi :

Kartika, Indri. 2015.”Zakat dan Implikasinya Terhadap Perberdayaan Ekonomi Masyarakat”.SKRIPSI. Fakultas Syari’ah, Hukum Ekonomi Syari’ah. Institut Islam Negeri, Salatiga.

https://www.sinergifoundation.org/campaigns/zakat-fitrah/

Media Gambar : Canva dan Freepik

Desain Gambar : Aresreva